• tanjungputingtour@gmail.com
  • +62 856 51 202 195
(Open Trip) Paket Wisata Orangutan Tour di Taman Nasional Tanjung Puting



Orangutan, primata besar yang hanya bisa ditemui di Indonesia, khususnya Pulau Sumatra dan Kalimantan. Salah satu tempat di mana kita dengan mudah menemui Orangutan adalah Taman Nasional Tanjung Puting.

Konsep eco tour yang berkelanjutan di Taman Nasional Tanjung Puting membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang ingin mereka kunjungi ketika berkunjung  ke Indonesia.

Tidak hanya bertemu dengan Orangutan, tapi juga menyusuri sungai di tengah hutan Kalimantan dengan Klotok adalah pengalaman yang tak telupakan seumur hidup. Tour Tanjung Puting menggunakan kelotok adalah cara yang paling bagus untuk menikmati keindahan alam Tanjung Puting secara maksimal.
Kicauan burung, monyet yang berloncatan di pepohonan bahkan kadang buaya yang sedang berjemur menjadi pelengkap suasana alam liar ketika berada di Taman Nasional Tanjung Puting. Bukan cuma itu, keunikan rawa gambut yang memiliki air berwarna hitam akan menjadi sensasi tersendiri ketika menyusuri Sungai Sekonyer dengan menggunakan Kelotok.

Oleh Karena itu, kami dari Backpacker Borneo Tour akan memfasilitasi bagi kawan-kawan yang ingin berwisata ke Taman Nasional tanjung Puting. Open trip atau tour gabungan salah satu solusi yang kita tawarkan untuk bisa sharing cost dengan traveller lain.

Jadwal Open Trip

Untuk mempermudah, berikut kami susun jadwal open trip:

Jadwal 2016
10-12 Desember 2016
24-26 Desember 2016
31 Desember - 2 Januari 2017
Jadwal 2017
27-29 Januari 2017
17-19 Februari 2017
25-27 Maret 2017
14-16 April 2017
22-24 April 2017
29 April - 1 Mei 2017
12-14 Mei 2016
26-28 Mei 2017
7-9 Juli 2016
21-23 Juli 2017
17-19 Agustus 2017
1-3 Agustus 2017
22-24 Agustus 2017
20-22 September 2017
17-18 November 2017
1-3 Desember 2017
23-25 Desember 2017
Itinerary

Hari Pertama: Pangkalan Bun – Kumai – Taman Nasional Tanjung Puting

Begitu tiba di Bandara Pangkalan Bun di hari pertama, peserta akan kami jemput di pintu keluar dan langsung menuju pelabuhan Kumai yang ditempuh dengan perjalanan darat sekitar setengah jam.  Tiba di Pelabuhan Kumai di mana kelotok sudah menunggu kita akan langsung berangkat, melewati hutan nipah dimana suasana alam Kalimantan yang masih asli akan mulai terasa. Makan siang disajikan ketika kelotok masih bergerak menyusuri Sungai Sekonyer, sensasi makan yang tentu sangat berbeda dengan yang biasa di lakukan di rumah.

Kalau waktu masih memungkinkan, kita akan singgah di Camp Tanjung Harapan dan setelah trekking sekitar 30 menit kita akan melihat Orangutan langsung di habitatnya. Setelah itu kita melanjutkan perjalanan untuk mencari lokasi yang cocok menginap, tetap waspada karena rombongan Bekantan biasanya begelantungan di atas pohon di tepi sungai yang sayang untuk dilewatkan. (L/D)

Hari kedua: Pondok Tanggui – Camp Leakey – Hutan Nipah

Setelah sarapan, kelotok melanjutkan perjalanan ke Pondok Tanggui, camp selanjutkan di mana kita kembali melihat Orangutan ketika jam pemberian makan dari para Ranger. Setelah itu kita kembali ke kelotok dan melanjutkan perjalanan menuju Camp Leakey.

Sebelum sampai di Camp Leakey kita memasuki cabang sungai dengan airnya yang berwarna kehitaman, siapakan kamera karena di sinilah spot paling bagus untuk berfoto di atas kelotok dengan latar pepohonan yang menghijau dan airnya sungai yang kehitaman.

Di Camp Leakey, sebelum trekking menuju tempat feeding Orangutan kita bisa terlebih dahulu singgah di pusat informasi, di sini segala informasi tentang Orangutan dan Taman Nasional Tanjung Puting tersaji dengan lengkap. 

Selepas kembali bertemu dengan Orangutan, kelotok akan kembali melaju pelan sampai di area hutan nipah, lokasi kita bisa menikmati makan malam sambil menonton kunang-kunang yang hinggap dan berkelip-kelip di atas pohon. (B/L/D)

Hari Ketiga: Taman Nasional Tanjung Puting – Kumai – Pangkalan Bun

Nikmati pagi terakhir di Tanjung Puting, karena hari ini kita akan kembali ke Kumai dan kemudian kami antarkan anda ke hotel atau airport untuk melanjutkan perjalanan ke kota masing-masing. (B)
Catatan: Itinerary bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi di lapangan.

Include
Open trip atau tour gabungan yang kita tawarkan sudah termasuk:
  • Penjemputan dan drop ke bandara atau hotel di Pangkalan Bun
  • Klotok dan Kru
  • Guide berlisensi
  • Koki yang berpengalaman
  • Makan selama perjalanan (B,L,D)
  • Air Mineral dan teh atau kopi
  • Tiket masuk dan Camera
Exclude
Belum termasuk:
  • Tiket pesawat dari dan ke Pangkalan Bun
  • Pengeluaran pribadi
  • Tour tambahan
  • Asuransi perjalanan
  • Tip guide dan kru
Ketentuan Trip:
  1. Down payment (DP)  di transfer ketika deal tentang keberangkatan dan pelunasan paling lambat 1 minggu sebelum keberangkatan. 
  2. Konfirmasi pembayaran transfer dengan meyertakan foto bukti pembayaran melalui BBM, WA atau email. 
  3. Harga di atas untuk wisatawan lokal, untuk wisatawan mancanegara akan ada penyesuain harga berdasarkan tarif masuk di Taman Nasional. 
  4. DP dianggap hangus jika peserta membatalkan keikutsertaannya, kecuali menemukan pengganti. 
  5. Jika terjadi pembatalan oleh panitia karena sebab yang tidak dapat di tanggulangi, maka DP yang sudah di bayarkan akan dikembalikan.
Info Tambahan:
Penerbangan yang di sarankan menuju dan dari Pangkalan bun:

  •         Jakarta ke Pangkalan Bun: Trigana Air (09.15 – 10.20)
  •         Surabaya ke Pangkalan Bun: Kalstar (6.10-7.10)
  •         Pangkalan Bun ke Jakarta: Kalstar (09.55 – 11.00)
  •         Pangkalan Bun ke Surabaya: Trigana Air (14.00 – 15.25)

Yang perlu di siapkan:

  •           Obat-obatan pribadi
  •           Anti nyamuk
  •           Sandal atau sepatu yang nyaman untuk trekking ringan
  •           Snack buat ngemil
  •           Camera untuk foto-foto (Tongsis kalau perlu)

    Bagi yang ingin berangkat dengan waktu sendiri dan private tour alias tidak bergabung dengan yang lain bisa memilih paket tour kita yang lain berikut ini:

    Orangutan Tour Tanjung Puting ©2016

    Contact us

    Diberdayakan oleh Blogger.